“Pengenalan Sistem Mikrokontroler Berbasis Arduino Untuk Aplikasi IOT di SMK Telkom Bandung” Abdimas Skema Reguler D3TK-FIT Telkom University


IOT atau internet of things  merupakan suatu bentuk teknologi yang memungkinkan benda-benda (things) saling berkomunikasi melalui internet. Berbagai perangkat elektronik yang diproduksi sekarang, memiliki kemampuan koneksi dan komunikasi melalui internet, sehingga kondisinya dapat dimonitor maupun dikendalikan dari jarak jauh. Memonitor dalam pengertian melihat berbagai parameter kondisi perangkat, misalnya suhu, kelembaban, kecerahan dan lain-lain. Mengendalikan dalam pengertian melakukan seting parameter, menjadwalkan , menjalankan perangkat, mematikan perangkat, mengintegrasikan dengan perangkat lain dan sebagainya.

SMK Telkom Bandung, sebagai salah satu “agent of change” masyarakat melalui jalur pendidikan,  berkeinginan pula berada di garis depan dalam menyebarkan pengetahuan IOT. Namun di lain pihak, para guru belum memiliki pemahaman yang cukup terkait IOT. Karena itu SMK bekerja sama dan menjadi mitra yang tepat bagi KK Embedded and Networking System (ENS) Universitas Telkom,  sebagai instansi yang banyak terlibat dalam  IOT, untuk sharing pengetahuan dan pengalaman terkait teknologi ini.

Dengan berbagai persiapan akhirnya kerjasama ini terwujud dalam bentuk pelaksaan abdimas. Pada tanggal 08 September 2018 berlangsung pelaksanaan abdimas “Pengenalan Sistem Mikrokontroler Berbasis Arduino Untuk Aplikasi Internet Of Things di SMK Telkom Bandung” di Ruang E4 Lab PLC Gedung Selaru Lantai 4  Fakultas Ilmu Terapan Telkom University. Tim Pelaksana abdimas terdiri atas : Anang Sularsa, S.T., M.T. sebagai Ketua Pelaksana; Fitri Susanti, S.T.,M.T. sebagai anggota sekaligus supervisor modul pelatihan,;Muhammad Ikhsan Sani, S.T.,M.T. sebagai anggota sekaligus supervisor modul pelatihan,; Amalia Tamarizka Sihombing dan Luthfi Anota Sirpa selaku EO dan pelaksana kegiatan. Berikut ini adalah dokumentasi kegiatan tersebut.